Popular Post

Posted by : Unknown Rabu, 01 Oktober 2014

Microsoft Word

     Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantora buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi windows.  Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan Power Point.


Perangkat-perangkat Lunak :
  1. Ms. Word
  2. Ms. Excel
  3. Ms. Outlook
  4. Ms. Power Point
Disini kita akan membahas tentang Ms. Word, berikut penjelasannya .


Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983),Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Sejarah
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodiedari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai. Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
Fitur Unggulan
§  AutoCorrect
§  MailMerge
§  Autopage Index
§  Macro
§  Auto Formating
§  HTML editor
§  Booklet layout
§  Wysiwyg
§  Mendukung format XML dan ODF (Word 2010)

Program pengolah kata sesungguhnya banyak, meskipun yang sering familiar kita gunakan adalah ms word (2003,2007, maupun 2010).
Cara Mengaktifkan Microsoft Word :
Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1.      Pilih dan Klik tombol Start
2.      Pilih menu program
3.      Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4.      Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan

Atau          : dapat pula langsung melakukan double klik pada Shortcutnya

Mengenal Layar Kerja Microsoft Word
1.      Ikon Kontrol Menu (Control Menu Ikon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
2.   Baris Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word
3.   Tombol Ukuran (Sizzing Button)
Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :

a.   Minimize Button         :Untuk memperkecil ukuran jendela word
b.  Maximize Button       :Untuk memperbesar ukuran jendela word
c.   Restore Button          :Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d.   Close/Exit Button       :Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word

4.   Baris Toolbar (Tool bar)
Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.
a.   Toolbar Standar
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.

b. Toolbar Formating
      Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.
5.   Rulers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal, berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.

6. Area Pengetikan
Adalah tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter
7. Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.
Panah atas : Memindahkan satu baris ke atas 
Panah bawah : Memindahkan satu baris ke bawah
Panah kiri : Memindahkan satu karakter ke kiri 
Panah kanan : Memindahkan satu karakter ke kanan
Home : Memindahkan ke awal baris pengetikan 
End : Memindahkan ke akhir baris pengetikan 
Ctrl+Home : Memindahkan ke awal dokumen 
Ctrl+End : Memindahkan ke akhir dokumen 
Ctrl+panah atas : Memindahkan ke awal paragraf sebelumnya
Ctrl+panah bawah : Memindahkan ke awal paragraf selanjutnya 
Ctrl+panah kiri : Memindahkan ke awal kata sebelumnya 
Ctrl+panah kanan : Memindahkan ke awal kata berikutnya 


8. Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.

9. Scroll Bar
Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK 

10. Office Assistant
Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi yang menarik
Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
a. Posisikan pointer mouse pada gambar office asisten, lalu kili kanan 1x
b.      Pada kotak percakapan office asisten, pilih dan klik tombol option
c.      Muncul tampilan kotak dialog office asisten
d.      Klik tab Gallery
e.      Untuk memilih bentuk tampilan Office Assisant, klik tombol perintah Next atau back 
f.        Klik OK jika tampilan sudah sesuai dengan keinginan kita

11. Tampilan Pilihan Layar (Tombol View)

Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).

12. Status Bar
Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya
Menu-menu yang terdapat pada menu bar terbagi menjadi beberapa kelompok menu sebagai berikut :
·         File, berisi menu-menu yang berhubungan dengan operasi file, seperti menyimpan file, wizards, membuka dan menutup file, ekspor file ke PDF, page Preview, print dan lain-lain.
·         Edit, berisi menu-menu yang berhubungan dengan penyuntingan dokumen, seperti Undo, copy, cut, paste, find dan lain-lain
·        View, berisi menu-menu yang mengatur tampilan dokumen, seperti Toolbars, ruler dan lain-lain.
·        Insert, berisi menu-menu yang digunakan untuk menyisipkan objek-objek tertentu, seperti tabel, header, footer, catatan kaki, dan lain-lain.
·         Format, berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatur format dokumen, seperti margin, ukuran kertas, bentuk kolom dan lain-lain
·         Tools, berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatifkan perkakas-perkakas tertentu, seperti pemeriksaan ejaan, jumlah kata, mail merge dan lain-lain.
·         Table, berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatur dan menyunting tabel.
·         Window, berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatifkan fasilitas bantuan

Fungsi-fungsi Menu Bar pada Microsoft Word
1.Menu File, Sub Menu File
•New                             :  Membuka dockument baru yang masih kosong
•Open                          :   Membuka file dokumen yang telah disimpan
•Close                           :  Menutup dokumen
•Save                            :  Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
•Save As                      :   Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page  :   Menyimpan dalam format file web page
• Seacrh                       :   Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions                    :   Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview   :   Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup                :   Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview             :    Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print                           :    Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to                     :     Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise                 :     Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit                             :    Menutup program Ms. Word

2. Menu Edit, Sub Menu Edit
• Undo                            :      Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo      :      Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut                                :     Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy                            :       Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard          :      Membuka isi clipboard
• Paste                           :       Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial           :     Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink          :      Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear                      :  Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments),                   isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All                    :       Untuk memblok semua isi dokumen
• Find                           :        Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace                   :     Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To            :           Menuju ke halaman
• Links             :           Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object           :           Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3.   Menu View, Sub Menu View
• Normal          :           Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout    :           Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout     :           Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline           :           Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane    :           Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars        :           Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler             :           Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks :  Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines        :           Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map        :           Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer           :           Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes      :           Melihat catatan hasil footnote
• Mark up        :           Menampilkan toollbar markup
• Full Screen     :           Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom             :           Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar

4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break            :           Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers           :           Memberi nomor halaman
• Date and time             :           Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext         :           Menyisipkan kata
• Field :           Menyisipkan field
• Symbol          :           Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment       :  Menyisipkan komentar
• Reference      :           Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component       :           Menyisipkan komponen dari web
• Picture           :           Menyisipkan gambar
• Diagram         :           Menyisipkan diagram
• Text Box        :           Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam                     dokumen aktif
• File    :           Menampilkan toollbar markup
• Object           :           Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark     :           Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam                      dokumen
• Hyperlink       :           Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)

5. Menu Format, Sub Menu Format
-           Font    :           Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
-           Paragraph         :           Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dokumen aktif
-           Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih -
-           Borders and Shading    :           Memberikan bingkai dan arsiran -
-           Columns           :           Membuat dokumen menjadi beberapa kolom -
-           Tabs     :           Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen -
-           Drop Cap         :           Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph -
-           Text Direction   :           Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik -
-           Change Case    :           Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya -
-           Fit Text            :           Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat -
-           Background      :           Memberi warna latar belakang pada dokumen -
-           Theme :           Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web -            Frames             :           membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan                      menempatkannya sebelah kiri frame -
-           Autoformat       :           Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru -
-           Style and Formating      :           Mengubah style dan format -
-           Reveal Formating          :           Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk                                    menentukan format suatu teks
-           Object :           Memformat suatu objek -
6. Menu Tools, Sub Menu Tools
- Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraf dalam sebuah dokumen
- Language       :           menjalankan fasilitas penerjemah bahasa
- Word Count :           Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata,  karaktek, paragraf,                 dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
- Autosummarize          :           Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen                       aktif
- Speech          :           Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
- Track Changes           :           Menandai teks yang baru diubah sisinya
- Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif                                      dokumen lainnya
- Protect Document      :           Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen
- Online Collaboration :           mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
- Letters and Mailings   :           Memuat surat melalui fasilitas wizard
- Macro           :           Membuat dan menghapus macro sendiri
- Template and add-ins             :           Mengatur tampilan template
- AutoCorrect Options             :           Memperbaiki teks secara otomatis
- Customize      :           Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu dan toolbar                        sesuai keinginan
- Options          :           Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit,  Print, Save,             User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling &                                   Grammar, dan Track Changes.

7. Menu Table, Sub Menu Table
-Draw Table    :           Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel
- Insert             :           Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
- Delete            :           Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
- Select            :           Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
- Merge Cells   :           Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
- Split Cells      :           Memecah sel menjadi beberapa sel
- Split Table     :           Memecah tabel menjadi beberapa tabel
- Table AutoFormat      :           Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
- AutoFit          :           Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
- Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
- Convert         :           Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
- Sort   :           Mengurutkan data atau teks
- Formula         :           Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
- Hide Gridlines            :           Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
- Table Propertise         :           Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
- New Window            :           Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
- Arrange All    :           Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat                     seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
- Split   :           membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang                   berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

Berikut ini adalah semua Tombol Pintas Microsoft Word hingga Versi 2010
§  Ctrl + A - Memilih semua teks.
§  Ctrl + B - Menebalkan Huruf yang terpilih (Bold).
§  Ctrl + C - Menyalin/menggandakan (Copy).
§  Ctrl + D - Memilih Jenis Huruf (Font).
§  Ctrl + E - Perataan tengah (Center).
§  Ctrl + F - Temukan Kalimat/Huruf (Find).
§  Ctrl + G - Pergi ke (go to).
§  Ctrl + H - Temukan Kalimat dan Tindih (Find and Replace).
§  Ctrl + I - Membuat cetak miring (Italic).
§  Ctrl + J - Membuat rata kiri kanan/seimbang (Justify).
§  Ctrl + K - Memasukkan Alamat tautan (Insert Hyperlink).
§  Ctrl + L - Membuat teks rata kiri (Left).
§  Ctrl + M - Menggeser penempatan paragraf ke kanan.
§  Ctrl + Shift + M - Menggeser penempatan paragraf ke kiri.
§  Ctrl + N - Membuat berkas baru (New).
§  Ctrl + O - Membuka berkas (Open).
§  Ctrl + P - Perintah mencetak berkas (Print).
§  Ctrl + Q - Menghapus pengaturan yang telah dibuat.
§  Ctrl + R - Membuat rata kanan (Right).
§  Ctrl + S - Simpan (Save).
§  F12 - Menyimpan kembali dengan nama yang sama atau berbeda (save as).
§  Ctrl + T - Menggeser tabulasi bawah ke kanan.
§  Ctrl + Shift + T - Menggeser tabulasi bagian bawah ke kiri.
§  Ctrl + U - Membuat garis bawah (Underline).
§  Ctrl + V - Tempel (Paste).
§  Ctrl + W - Keluar dari berkas.
§  Ctrl + X - Potong (Cut).
§  Ctrl + Y - Mengembelikan perintah yang telah dibatalkan undo (Redo.
§  Ctrl + Z - Membatalkan perintah sebelumnya (Undo).
§  Del - Menghapus teks yang salah di bagian belakang.
§  Back Space - Menghapus teks yang salah di bagian depan korsur.
§  Alt + F4 - Keluar dari berkas (Exit)
Microsoft Word adalah aplikasi program pengolah kata yang dikeluarkan oleh Perusahaan Microsoft yang mempunyai beberapa fungsi antara lain :
1.      Membuat Surat menyurat
2.      Membuat Karya Tulis, Skripsi dan lain-lain
3.      Membuat tabel dengan perhitungan atau tanpa perhitungan
4.      Membuat grafik
5.      Membuat tulisan menarik dengan mengunakan gambar
6.      dll
Keunggulan dari Microsoft Word adalah :

1.      Mudah dalam pengoperasian
2.      Mudah memanajemen file dan fasilitas autorecovery bila terjadi padam listrik
3.      Kualitas baik dan bagus dalam pencetakkan
4.      WYSIWYG ( What You See Is What You Get ), yaitu apa yang dilihat di monitor akan sama dengan hasil cetakan
5.      Dapat melakukan pengiriman e-mail dan fax langsung terhubung dengan internet
6.      Mampu menyisipkan gambar dan grafik ataupun objek lainnya yang membuat naskah terlihat lebih menarik
7.      Kemampuan menyimpa file dalam bentuk web
SUMBER : http://artmicrosoftword.blogspot.com/2011/03/microsoft-word.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

cantik

cantik

- Copyright © INTERNET DCC - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -