- Back to Home »
- internet »
- microsoft excel
Posted by : Unknown
Rabu, 01 Oktober 2014
Artikel Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft
Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang
dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi
Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan
pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang
agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang
populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini
program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak
pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis
Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan
bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft
Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System
2007.
a. Sejarah Ms.Excel
Microsoft Excel adalah salah satu
software (piranti lunak) jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa
Microsoft, perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang terkenal
itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft
Office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun berfungsi
sebagai satu kesatuan program/saling terkoneksi satu sama lain).
Piranti lunak (software) type
spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu
pameran komputer di Amerika tahun 1979. Saat itu VisiCalc masih diperuntukkan
untuk komputer berbasiskan Sistem Operasi UNIX. Program ini kemudian dibeli
oleh perusahaan Lotus. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang
dibuat berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3.
Lotus 1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya
sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows
(Microsoft Excel 4.0 for Windows). Semenjak itulah Microsoft Excel memimpin
aplikasi software spreadsheet. Tabel di bawah ini menjelaskan kronologis
singkat pengembangan Microsoft Excel.
b. Dasar-dasar Penggunaan
Untuk dapat menggunakan Microsoft
Excel, idealnya Anda harus terlebih dahulu menguasai dasar-dasar penggunaan
Microsoft Windows dan penggunaan mouse. Anda juga harus sudah mengenal
istilah-istilah komputer yang terdapat di sini dan mengenal fungsi
tombol-tombol pada keyboard. Sebab nanti dalam prakteknya, sangat penting dan
membantu Anda mempersingkat waktu, dibandingkan jika Anda tidak mengenal dan tidak
mengetahui sama sekali.
Program Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office pada Windows 3.1Untuk mengaktifkan program Microsoft Excel pada Windows versi 3.1 dan 3.11 maka dari Program Manager, arahkan pointer mouse ke icon group Microsoft Office lalu klik dua kali tombol sebelah kiri mouse. Setelah jendela Microsoft Office terbuka (lihat Gambar 1 disebelah), arahkan pointer mouse ke icon program Microsoft Excel lalu klik dua kali lagi.
Program Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office pada Windows 3.1Untuk mengaktifkan program Microsoft Excel pada Windows versi 3.1 dan 3.11 maka dari Program Manager, arahkan pointer mouse ke icon group Microsoft Office lalu klik dua kali tombol sebelah kiri mouse. Setelah jendela Microsoft Office terbuka (lihat Gambar 1 disebelah), arahkan pointer mouse ke icon program Microsoft Excel lalu klik dua kali lagi.
c. Mengenal Spreadsheet Excel
1. Tampilan Menu Excel
Elemen-elemen Excel yang perlu Anda ketahui adalah : Title Bar, letaknya paling atas, berisi judul program dan nama file yang dibuka. Pada Gambar 3 ditampilkan nama program yang digunakan yaitu Microsoft Excel dan nama file yaitu Book 1 yang terdiri atas :
1. Tampilan Menu Excel
Elemen-elemen Excel yang perlu Anda ketahui adalah : Title Bar, letaknya paling atas, berisi judul program dan nama file yang dibuka. Pada Gambar 3 ditampilkan nama program yang digunakan yaitu Microsoft Excel dan nama file yaitu Book 1 yang terdiri atas :
1) Lajur
Menu, berisikan menu-menu Excel seperti File, Edit, View, Insert, Format,
Tools, Data, Help
2) Standard
Toolbar, berisikan icon-icon standard Excel untuk file baru, membuka,
menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy dll.
3) Format
Toolbar, berisikan icon-icon yang mengubah tampilan format data, seperti
tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring
(I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%), menambah atau
mengurangi tampilan desimal dll (Perhatikan Gambar 3 dibawah ini).
4) Lajur
Rumus, terdiri atas dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel
yang aktif (pada Gambar 3 dibawah berikut ini tertulis B3), sementara di
sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif tersebut. Karena isi data
pada contoh gambar ini kosong (tidak ada) maka pada lajur rumus juga
ditampilkan kosong.
5) Area
lembar kerja (worksheet) adalah bidang dimana kita menuliskan input dan
sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom yang ditandai
dengan huruf A, B, C dan seterusnya, lalu beberapa baris yang ditandai dengan
angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Perpotongan antara kolom dan baris disebut juga
sel. Dalm contoh diatas, sel yang aktif adalah sel B3 artinya terletak diperpotongan
antara kolom B dan baris ke-3.
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.
=SUM(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk
umum : =SUM(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menjumlahkan dari
sel H5 sampai sel
H15
Penulisan :
=SUM(H5:H15)
=COUNT(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan counter
Bentuk
umum : =COUNT(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai yang
berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan :
=COUNT(B5:B15)
=MAX(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk
umum : =MAX(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan
sel yang berada di sel F1 sampai sel
F17
Penulisan :
=MAX(F1:F17)
=MIN(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum :
=MIN(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan
sel yang berada di sel F1 sampai sel
F17
Penulisan :
=MIN(F1:F17)
=AVERAGE(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum :
=AVERAGE (range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata
dari sel A11
sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
=ABS(…)
Fungsinya :
Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar
argumennya menjadi bilangan mutlak
(absolut)
Bentuk umum :
=ABS(range sel)
Contoh :
Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak
dari
sel yang kita aktifkan, misal di sel
F17
Penulisan :
=ABS(F17)
=SQRT(…)
Fungsinya :
Untuk menghitung akar dari bilangan
X. Bilangan X tidak
boleh negatif
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan :
= SQRT(25) 5
=IF(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengecek apakah nilai yang
kita gunakan sebagai
kunci benar atau salah (memenuhi
syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test
; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh :
Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang
berada di sel F17, tentang
kriteria siswa dinyatakan lulus
atau gagal dengan ketentuan sbb.
Jika nilai rata-rata siswa lebih besar sama dengan 60,
maka siswa dinyatakan LULUS, dan
sebaliknya.
Penulisan :
=IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya jika
kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka
LULUS, jika kurang dari 60, maka
GAGAL
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi,
maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka
kerjakan Value_if_false
=DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya :
Untuk menghitung jumlah hari
Contoh :
=DATE(73,8,11) à 26887 hari
=VLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum :
=VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)
=HLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum :
=HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)
=LEFT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari
sebuah kiri
Bentuk umum : =LEFT(teks;jumlah
karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada
di sel F17
(Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
=RIGHT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari
sebuah kanan
Bentuk umum :
=RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada
di sel F17
(Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
=MID(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan
sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum : =MID(teks;
start_number; number_char)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter baru
yang ada di sel
F17 (Februari)
Penulisan :
=MID(F17:3:3)
Saya coba memaparkan perbandingan
antara Excel 2003 dan Excel 2007.
- Jumlah baris
Excel 2003 hanya menyediakan 65,536
baris, sedangkan Excel 2007 menyediakan 1,048,576 baris.
- Jumlah kolom
Excel 2003 menyediakan 256 kolom,
sedangkan Excel 2007 menyediakan 16,384 kolom.
- tabel
Harus diakui, Excel 2007 memiliki
berbagai format tabel yang menarik dan siap pakai.
- Formula
Excel 2007 memiliki banyak tambahan
formula.
- Penampilan grafik / chart
Excel 2007 memiliki tampilan
menakjubkan untuk grafik / chart. Warna defaultnya juga menarik dibandingkan
versi Excel yang lebih lama.
- Membuka / menutup file
Jika Dibandingkan dengan Excel 2003,
dengan spesifikasi komputer yang sama dan file yang sama, performa Excel 2007
dalam aktivitas ini lebih lambat dibanding pendahulunya.
cantik
